Cara Mendapatkan Ilmu Laduni dari Allah Menurut Al Qur’an dan Hadist

Bismillah….

Sebelum membaca artikel ini, mari luruskan dahulu yaqin kita kepada Allah….
Bahwa Makhluq ini tidak kuasa, tapi Allah yang maha kuasa!
Belajar (menuntut ilmu) diwajibkan untuk semua muslimin dan muslimat (hadits).
Tapi Hakikatnya ilmu dtang dari Allah bukan dari Belajar. Begitu pula rezeki datang bukan dari kerja kita.!
Kita Belajar karena perintah Allah dan Sunnah Nabi.
Jika Allah kehendaki, dengan belajar – Allah berikan ilmu
Jika Allah kehendaki, dengan belajar – tapi Allah tidak berikan ilmu
Jika Allah kehendaki, tanpa belajar pun – Allah berikan ilmu
Laailaha illallah
Belajar itu makhluq, Allah yang kuasa

Kata laduni dipetik dari ayat Allah yang berbunyi:

“Dan kami telah ajarkan kepadanya (Nabi khidhir) dari sisi Kami suatu ilmu”. (Al Kahfi: 65)

ilmu laduni /ilmu mauhub merupakan salah satu ilmu yang harus dimilki oleh orang yang ingin menjadi ahli tafsir alqur’an. Disamping harus mengusai 14 cabang ilmu lainnya seperti ilmu lughah, nahwu, saraf, balaghah, isytiqoqo, ilmu alma’ani, badi’, bayan, fiqh, aqidah, asbabunuzul, nasikh mansukh, ilmu qiraat, ilmu hadits, usul fiqah ( hukum-hukum furu’) dan ilmu mauhub ( fadhilah alqur’an, syaikh maulana zakariyya).

Ilmu ini adalah karunia khusus dari Allah swt.

“man ‘amila bimaa ‘alima waratshullahu ‘ilma maa lam ya’lam”

Artinya : Nabi SAW bersabda :” BARANGSIAPA YANG MENGAMALKAN ILMU YANG IA KETAHUI MAKA ALLAH AKAN MEMBERIKAN KEPADANYA ILMU YANG BELUM IA KETAHUI”

Perkara ini telah dijelaskan oleh sayyidina ‘ali ra. saat beliau menjawab pertanyaan orang ramai, “apakah beliau telah mendapatkan ilmu khusus atau wasiat khusus dari Rasulullah saw. yang hanya diberikan kepada beliau dan tidak kepada orang lain?”

Hazrat ‘ali ra. menjawab :” Demi Tuhan yang telah menciptakan surga dan jiwa-jiwa, aku tidak pernah mendapat apa-apa selain daripada ilmu yang Allah berikan kepada seseorang untuk memahami alqur’an!”

ibnu abi dunya rah. berkata bahwa pengetahuan daripada Al-quran dan apa-apa yang didapati daripada alqu’an begitu luas daripada alqur’an. Seorang pentafsir harus mengetahui 15 cabang ilmu yg disebutkan diatas. Tafsiran orang yang tidak mahir dalam ilmu-ilmu ini adalah termasuk tafsiran bil-rakyi (tafsir menurut fikiran sendiri) yang hal ini DILARANG OLEH SYARA’. Para sahabat ra. mendapat ilmu bahasa arab secara tabii dan ilmu-ilmu lain mereka dapati langsung dari ilmu kenabian (nabi SAW).

Nabi SAW bersabda :” Barang siapa yang berfatwa dalam masalah agama, tanpa ada ilmu maka baginya laknat Allah, malaikat dan manusia seluruhnya ” (HR. Imam suyuti).

Jadi Ilmu laduni = ilmu dari Allah asbab hasil amal…karena Allah telah tunjukan cara mendapatkannya pada kita.

ilmu laduni dan cara/jalan untuk mendapatkannya didalam ALQU’AN DAN HADITS :

1. TAKUT KEPADA ALLAH

kitab alhikam, syaikh ibnu athoillah alasykandary (kepala madrasah alazhar-asyarif abad 7 hijriah) menyebutkan nukilan ayat dari alqur’anulkarim :

“wataqullaha wayu’alimukumullah” (Qs. Al baqarah ayat 282)

artinya : “Takutlah kepada Allah niscaya Allah akan mengajari kalian“ (Qs. Al baqarah ayat 282)

Sifat takut/tunduk/patuh hanya kepada Allah, sangatlah mulia. Bukan saja ilmu laduni yang Allah beri tapi Allah akan tundukan semua makhluq padanya bahkan para malaikatpun akan berkhidmad dan senantiasa membantunya (atas izin Allah), sebagai mana maksud dari haidts nabi SAW :

Nabi saw bersbda : “man khofa minallahi khofahu kulla syai waman khofa ghoirallah khofa min kulli syai”

artinya : “Barang siapa yang takutnya hanya kpd Allah maka Smua makhuq akan takut/tunduk padanya. Barangsiapa takut/tunduknya kpd selain Allah maka semua makhluq akan (menjadi asbab) ketakutan baginya “

Lihatlah kisah-kisah salafushalih kita, bagaimana pasukan dakwah sahabat berjalan diatas air melintasi sungai tigris irak, pasukan dakwah sahabat yang berjalan melintasi laut merah, mu’adz bin jabal ra shalat 2 rekaat maka gunung batu yang besar terbelah dua-membuka jalan untuknya, para sahabat terkemuka boleh mendengarkan dzikir benda-benda mati (roti dan mangkuk) .

Abu dzar alghifary ra. atas perintah khalifah umar ra., beliau ditugaskan utk memasukan kembali lahar gunung berapi yang sudah keluar dari kawahnya. maka atas izin Allah, lahar panas tsb masuk kembali ke kawah gunung tsb (hayatushabat).

Abdullah atthoyar ra. boleh terbang seprti malaikat yang punya sayap, maka ketika ditanya oleh rasulullah, apa yang menjadi asbab Allah berikan karomah tersebut, maka beliau menjawab ” saya pun tidak tahu, tapi mungkin karena aku dari sebelum saya masuk islam sampai sekarng pun saya tidak pernah minum khamr, …dst”.

2. MENGAMALKAN ILMU YANG DIKETAHUI

sebuah hadits shohih menyebutkan bahwa nabi muhammad saw bersabda :

“man ‘amila bimaa ‘alima waratshullahu ‘ilma maa lam ya’lam”

Artinya : Nabi SAW bersabda :” BARANGSIAPA YANG MENGAMALKAN ILMU YANG IA KETAHUI MAKA ALLAH AKAN MEMBERIKAN KEPADANYA ILMU YANG BELUM IA KETAHUI”

3. TIDAK MENCINTAI DUNIA

‘alammah suyuti rah. berkata :“kamu menganggap bahwa ilmu mauhub adalah diluar kemampuan manusia. Namun hakikatnya bukanlah demikian, bahkan cara untuk menghasilkan ilmu ini adalah dengan beberapa asbab. Melalui ini Allah swt. telah menjanjikan ilmu tersebut. Asbab-asbab itu adalah seperti : beramal dengan ilmu yang diketahui, tidak mencintai dunia dan lain-lain….”

Sebagaimana dalam sebuah hadits, bahwa Nabi SAW bersabda yang artinya : “Barang siapa yang zuhud pada dunia (tidak cinta dunia), maka akan Allah berikan kepadanya ilmu tanpa Belajar” (Fadhilatushaqat).

4. Berdoa

Semua itu datang bagi Allah, maka Rasulullah mencontohkan kepada kita agar senantiasa berdoa agar diberikan ilmu dan hidayah dari Allah swt.

Untuk menumbuhkan rasa takut pada Allah dengan dzikir

Untuk menumbuhkan zuhud pada Allah dengan mujahadah

Sedangkan Doa akan diterima jika kita ikhlash…..

Untuk itu kita harus belajar dan dibimbing oleh guru-guru yang mursyid.

5. Berdakwah

Jika kita berdakwah (amr bil ma’ruf wa nahya ‘anil munkar) atau mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran maka Allah akan berikan kepada kita ‘ilm wa hilm (’ilmu dan kelembutan hati) langsung dari qudrat Allah swt.

Sebagaimana dalam hadits qudsi(kurang lebih maknanya) tatkala Allah menceritakan keutamaan umat akhir zaman kepada Nabi isa as., mereka memakai sarung pada perut-perut mereka, jika mereka berjalan di tanah rata mereka berdzikir “alhamdulillah”, ditanah yang menanjak mereka berdzikir “allhuakbar” ,jika berjalan ditanah yang menurun mereka berdzikir “subhanallah” dan mereka mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran (berdakwah) , sedangkan mereka bodoh (tidak punya banyak ilmu) dan kasar (tidak hilm)

maka Nabi isa as. bertanya : “Bagaimana mereka akan berdakwah padahal mereka tidak punya ‘ilm dan hilm(kelembutan hati)?

Maka Allah firmankan :”Aku sendiri yang akan memberikan kepada mereka ilm dan hilm” (Muntakhob ahadits)

ilmu laduniadalah karunia khusus/khas bagi hambanya, terlebih bagi mereka yang telah ma’rifat. Orang yang telah ma’rifat akan mendapatkan segala-galanya karena tidak ada keinginan dunia dalam hatinya.

Nabi SAW bersabda : “man wajadallah wajada kulla syai, man faqadallah faqada kulla syai”

artinya : Barang siapa kenal kepada Allah maka ia akan mendapatkan segala-galanya

Barang siapa yang kehilangan Allah (tidak kenal Allah) maka ia kehilangan segala-galanya.”

( Kumpulan Khutbah jum’at romo kyai).

Dalam kitab kimiyai saadat, bahwa ada tiga jenis manusia yang tiadak akan bisa memahami alqur’an :

- Pertama : Seorang yang tidak memahami bahasa arab

-Kedua : Orang yang berkekalan dengan dosa-dosa besar dan bid’ah. Ini karena dosa dan amalan bid’ah itu akan menghitamkan hatinya yg menyebabkan dia tidak mampu memahami alqur’an.

_ketiga : Orang yang yakin hanya terhadap makna-makna dhahir saja dalam hal-hal aqidah (mengambil makna dhohir dari ayat/hadits mutasyabihat, aqidahnya bermasalah: mu’tazillah, mujasimmah dsb). Perasaanya tidak dapat menerima apabila dia membaca ayat alqu’an yang bertentangan dengan keyakinannya itu. Orang yang demikian tidak akan bisa memahami alqur’an.

“Ya Allah Peliharalah kami daripada mereka!”

About these ads
Tag: ,

111 Komentar to “Cara Mendapatkan Ilmu Laduni dari Allah Menurut Al Qur’an dan Hadist”

  1. Salam kenal,
    Memang ilmu laduni tidak sembarang orang diberikan oleh Allah swt. Kita untuk mendapatkannya harus menjadi hambaNya dahulu.

      • Emang mas udah pernah mempraktekan langsung ilmu laduni….apa yang di dapat dan bagaimana caranya..?

      • ilmu laduni tidak bisa ditunjukan. hanya Allah swt yg bisa menunjukan. karna ilmu laduni datang karna alla dan kembali
        kepada allah. hanya dgn orang” iklas dan sabar yg bisa melihatnya. . . Allahuakbar

    • slam knal, seorang hmba allah yg patuh dan taat, kpda allah.jka tdk dgn kikhlasan. sama artinya dgn mndaki gunug dgn tdk ada tujuan. Hnya skdar mendaki saja

    • slam knal, seorang hmba allah yg patuh dan taat, kpda allah.jka tdk dgn kikhlasan. sama artinya dgn mndaki gunug dgn tdk ada tujuan. Hnya skdar mendaki saja. Krna untuk mndapat ilumu laduni bukan lah semudah membalikkan sebuah telapak tangan,.

    • MANAGER100 M M M UNLIMITED PASIF INCOME
      VIDEO PRESENTASI SINGKAT SYSTEM PROGRAM MMM >>> http://www.youtube.com/watch?v=nnqdYvDHTyk
      ADA 6 CARA HASILKAN INCOME 10 JUTA PERBULAN DI M M M :
      1. Ajak 10 teman join MMM tiap bulan yang masing-masing lakukan PH 10 juta
      2. Ajak 20 teman join MMM tiap bulan yang masing-masing lakukan PH 5 juta
      3. Ajak 50 teman join MMM tiap bulan yang masing-masing lakukan PH 2 juta
      4. Ajak 100 teman join MMM tiap bulan yang masing-masing lakukan PH 1 juta
      5. Ajak 200 teman join MMM tiap bulan yang masing-masing lakukan PH 500 ribu
      6. Kombinasi cara 1-5 MAKA bisa juga dapat INCOME 10 JUTA SEBULAN
      Teman-teman kita yang join MMM akan mendapatkan REWARD 30% sebulan!!!
      Jadi :
      Jika mereka join MMM dan PH 10 juta hari ini, bulan depan akan dibantu total 13 juta
      Jika mereka join MMM dan PH 5 juta hari ini, bulan depan akan dibantu total 6,5 juta
      Jika mereka join MMM dan PH 2 juta hari ini, bulan depan akan dibantu total 2,6 juta
      Jika mereka join MMM dan PH 1 juta hari ini, bulan depan akan dibantu total 1,3 juta
      Jika mereka join MMM dan PH 500 ribu hari ini, bulan depan akan dibantu total 650 ribu
      *PH = provide help = memberikan bantuan
      disini baca lebih lengkap >>>>www.mmmincome.com
      TIDAK ADA YANG SULIT JIKA KITA FOKUS DAN KOMITMEN TINGGI DENGAN MEMBUKA MIND SET PIKIRAN KITA BAHWA INCOME 10 JUTA SEBULAN BISA KITA CAPAI!
      JANGAN TAKUT GAGAL DAN MENYERAH JIKA MENGALAMI PENOLAKAN DARI TEMAN2 YANG KITA COBA AJAK JOIN MMM
      DI LUAR SANA BANYAK SEKALI TEMAN2 KITA YANG INGIN DAPATKAN INCOME 10 JUTA!!
      GUNAKAN BUKTI PENGHASILAN YANG ANDA DAPATKAN DI MMM MAKA LEBIH CEPAT TEMAN2 KITA JADI REFERAL KITA!!
      GO INCOME 10 JUTA SEBULAN!!!
      Ayo teman2, saatnya hasilkan income 10 juta sebulan!!!
      MMM= Membantu Mensejahterakan Masyarakat
      Capai apapun yang menjadi IMPIAN ANDA!!!
      SUKSES ADALAH HAK KITA SEMUA!!!
      Daftar bersama saya MANAGER100 serta kan Data :
      Gmail :
      NO hp :
      Nama :
      Kota
      Sms atau telpon >>085750636505

  2. Salam, wah baru tahu tentang maksudnya ilmu laduni.
    Thanks for sharing.

  3. ah susuh ah mempelajarinya gak mau ah….

  4. dimana ada kemauan disitu akan menemukan jalan. Setuju Kang Rifqi.

  5. Mau ah, tpi susye bgetz! Pa gk da cara yg laen?

    • enggak susah asal anda ikhlas dlm menjalankan perintah Allah, dan meninggalkan kesenangan berlebihan di dunia, InsyAllah….pintu batin anda akan terbuka…!!

      perbanyak lah dzikir…wasalam

  6. Saya baru faham tentang Ilmu laduni. menambah pengetahuan, sangat bermanfaat tulisan ini bagi saya. Trima kasih, semoga mendapatkan balasan dari ALLAH Subhanahuwata A’la. Amin ya robbal alami.
    Salam Gustin Banda Aceh.

  7. ilmu apapun pasti jd sulit jika tanpa keikhlasan. jd ikhlas dan belajar, soal spt apa hasilnya terserah Allah saja !

  8. sallamualaikum bolehkah saya di pandu untuk belajar ilmu laduni dan cinta kepada rasul

  9. gimana ya byar biza pX ilmu laduni?

  10. Ilmu Ladunndi tiada orang yang tahu kecuali Allah dan orang-orang yang dikaruniyahiNYA yang bisa melihat kebesaran ALLAH SWT

  11. Ilmu Ladunni tiada orang yang tahu kecuali Allah dan orang-orang yang dikaruniyahiNYA yang bisa melihat kebesaran ALLAH SWT

  12. ass,, g5na mendapatkan ilmu itu

  13. jika ingin mendapatkan ilmu tsb. orang harus benar-benar taqwa kepadanya (Allah)

  14. maksh ya mas. udah mau membagikan ilmunya mg kebaikannya mendapatkan balasan aminnnn

  15. ingin beljar ilmu laduni tlong di tutun gmna caranya supaya bisa mendapatkanya

  16. Subhanallah, gue pengen juga , tapi gimana ya, mudh2n nggak semua orang indonesia pd pengen, kasian siapa yang urusin sekolahan

  17. alhamdulilah stelah saya membaca sya paham tentang ilmu laduni terimakasih ya pak telah meberi penjelasan tentang ilmu laduni…

  18. saya ingin sekali mendapatkan ilmu laduni, tapi katanya siapa yang mau mendapatkan ilmu laduni tidak boleh cinta dunia, sedangkan orang cari ilmu pasti untuk mendapatkan yang terbaik di dunia, misalnya orang cari ilmu sampai keperguruan tinggi pasti supaya dapat pekerjaan yang mudah dan itu kan berarti orang cinta dunia, bagaimana ya,, mohon jelaskan ya,,,

    • Yg anda maksud itu mungkin mendapatkan ilmu demi suatu ambisi (Ambisi di dasari dari NAFSU). sedangkan yang seharusnya itu mencari ilmu demi suatu manfaat bagi dirinya dan orang lain (mengamalkannya dg Ikhlas karena Allah). Insya Allah, bukan hanya dapat tempat terbaik di dunia tapi di akherat pun mendapatkan tempat terbaik, Amin ya Rabb.

      Tidak boleh cinta dunia..??? “Harapkan cinta Allah & Rasul Nya, maka DUNIA mengharapkan cinta anda”
      Jika saya salah mohon maaf, dan kpd Allah saya mohon Ampun, dan saya mohon petunjuk.

    • ilmu laduni adalah hak Allah untuk memberikannya kepada siapa yg Dia pilih,guna ilmu laduni adalah untuk mengajak manusia sebanyak2nya agar mengenal Allah sebagai Tuhannya,dan menghindarkan manusia dari kesesatan,

  19. Saya ingin berkongsi serba sedikit yang saya tahu.
    Ilmu Laduni = Ilmu mengenal diri = Ilmu Haq.
    Tidak perlu meninggalkan kepentingan dunia untuk mendalami ilmu ini,malah bila kamu sudah memiliki ilmu ini, kamu akan mendapat keredhaan dari Allah untuk kedua dua nya sekali yakni dunia dan akhirat.
    Kenallah diri kamu rata rata dan kamu akan tahu bahawa Allah itu nyata. Bila kamu sudah tahu Allah itu nyata, maka kamu akan ketahui bahawa diri kamu ini tidak punya apa kerana semuanya kepunyaan Allah.
    Semua yang ada pada diri kamu adalah Haq Allah. Tidak ada yang ada pada diri kamu bukan kepunyaan Allah. Kenali lah 7 sifat yang Allah pinjam kan pada diri kita 1) Ilmu 2) hayat 3) samaq 4) Qalam 5) Basar 6) Kudrat 7) Iradat.
    Ingatlah, ilmu Allah tidak susah. Yang menyusahkan Ilmu Allah adalah manusia.
    Ilmu Allah adalah RAHASIA bagi yang tidak mengetahui tapi tiada RAHASIA bagi yang sudah tahu…………………

  20. Subhanallah,saya sangat menyukai artikel ini, Kemana saya bersilahturahmi ?.. untuk dapat berkunjung secara langsung,agar diberi alamat jelas.trims

  21. Blajarlah mrasakn mati,yaitu mtinya nafsu hdupnyahti.dngan blajar mngetahui,ilmu laduni,..

  22. Memang klu allah berkehedak tak ada yang tak mngkin.

  23. pengen q dapatkan ilmu laduni

  24. b,ibadatlah kamu ibarat kamu akan mati k,esokan hari nya..
    dan b,usahalah kamu ibarat kamu akan hidup 1000 tahun lagi..

  25. perbanyak dzikir asma allah dan salawat nabi yg hkusu dan tawadu serta ikhlas jauhkan iri dengki *sifat kikir serta hati yg suci bersih *jika allah beserta kita gak ada lagi musuh kita*

  26. assalamuailaikum
    salam kenal buat semua teman
    ane baru berkunjung kesini tapi artikel ini bikin ane tergugah banget dan ane ucapin makasih atas info ini

  27. tdk sembarang orang mendapatkan ladumi, kecuali orang tu btl2 pilihan ALLAH serta dia dpt memahami hidup ni dgn hati yg bijaksanana dan sering menggunakan hati ketimbang pikiran …

  28. hanya ALLAH yg dpt memberikan ilmu tsb kpd hambany …
    dgn hati yg ikhlas serta kita sungguh2 tuk menyembah nya insyaallah kita akan mendapatkannya …
    gunakan hati jgn gunakan pikiran …

  29. assalamualaikum wr.wb
    ya allah kepadamu aku meminta pertolongan dan bimbiganmu…………AMIN YA ALLAH
    E.rusmana 18juli2011 pukul22;15wib

  30. hanya ALLAH-hlah yg dpt mmbrikan sglh sesuatu
    mk dr itu kt hanya psrh kpdnx krn dialah yg mnentukn

    ya allah brikanlh yg hmbamu mnt yaitu ilmu yg engkau rahasiakn,kpd ummatmu
    krn kpdmu aq meminta,krn hanya pula engkau yang bisa mngabulkn prmintaan

    ya allah kabulkanlah permintaan kami

  31. Asslmlkm .
    Sy adalah orang hina dan bnyk dosa..! Tp saya ingin stiap nafas ini mnybut asma allah..tlng bagi tau..!

  32. Awal Permulaan Niat Itu Penting.
    DItambahkan Usaha dan Terus Berusaha (Mencari) Kearah Niat.
    Dan Tawakkal lah Kepada ALLAH S.W.T.

  33. laduni adalah ilmu dari allah yg di khususkan

  34. Dengan kt bisa mengenali diri kita sendiri dg ikhlas niscaya ALLOH SWT akan selalu bersama kita,karna org yg sllu ikhlas jaminanya adalah syurga…………isyaallohbiidznillah.

  35. Gak mesti mahamin bahasa arab banget, tapi pastinya semua makhluk akan memahami Al’quran walau hanya setitik, krn sedari awal semuanya adalah hak Allah dan Al’Quran hanyalah sebuah buku petunjuk hidup dan kehidupan tapi kebesaran Allah yang diberi kelebihan untuk mengadakan dan meniadakannya adalah kita sendiri(wujud Qur’an yang sesungguhnya), buat Allah gak ada yang sulit dan rahasia…

  36. gk maen2 dgn ilmu laduni ini,, org hrus bner2 bersih hatinya n nafsunya rus bner2 menep…….

  37. semoga Alloh selalu limpahkan rahmatNYA pd qta semua.

  38. assalamualaikum.wr.wb
    terimakasih banyak sebelumnya mas atas amal pengetahuan ilmunya…..
    yang terpenting untuk kita belajar ialah sadar untuk menjadikan Al-quran itu sebagai imam_kita….
    jangan kita jadikan sebagai makmum_kita…..
    usaha,sabar,amati,cermati…itulah yang manusia bisa lakukan
    sisanya Allah yang menentukan……maaf atas kelancangan saya atau kesalahan saya, saya hanya mau berbagi,………..semoga kita semua di limpahkan ilmu yang baik (Allah) dan jalan yang baik (Allah) untuk kita semua sesama muslim….SHALLALAHU ALA MUHAMMAD…..Amin…wassalamua’alaikum wr.wb

  39. Assalamu alaikum wr.wb

    kita semua harus percaya kalau semuanya adalah kehendak ALLAH SWT.

  40. makasih ya mas atas informasine

  41. saya pernah di beri tahu ustad saya itu beberapa cara mendapat ilmu laduni itu
    membaca sholawat 313x, mengistiqomahkan shalat malam, dll. insyaallah kalau anda bisa istiqomah dalam waktu 40 hari anda akan mendapatkannya
    tapi dengan syarat anda harus pasrah dan tetap memiliki pendirian yang teguh kepada ALLAH SWT…
    sekian dari saya yg juga pingin menjadi seorang yang benar dan kusyu’ dalam ibadah…. terima kasih semoga bermanfaat

  42. Assalamu’laikum,,,,apakah orng yg prnah bermimpi brjumpa dngan rosululloh akan mudah mndapatkan ilmu laduni???

  43. Kurang tepatlah kl ilmu laduni disebut sebagai ilmu khusus dengan syarat khusus untuk orang orang khusus.itu berlebihan.itu menyandera/mengurung Allah dalam lingkaran elit tertentu.Allah itu penguasa,pemelihara dan pemberi petunjuk selurah alam.Maka Allah itu telah dan akan selalu menurunkan ilmu-NYA kepada seluruh mahluk.Dengan ilmu laduni dari Allahlah bgmn seluruh tumbuhan,hewan,dan manusia hidup,mempertahankan hidup,dan meningkatkan taraf hidupnya.Apakah tumbuhan,pernah belajar mengolah makanan ? Allahlah yg mengilhamkan proses fotosintesis pada tumbuhan.maka tahulah tumbuhan itu cara memasak makanannya.Allah jua yg mengilhamkan kepada burung dan singa untuk berburu makanannya.Allah jua yg mengilhamkan kepada penenmuan2 ilmu pengetahuan dan teknenologi yg bermanfaat bg manusia,padahal sebelumnya ilmu itu belum ditemukan,yg berarti tidak ada guru nyata yg membingbingnya.Maka pasti pembimbingnya adalah melalui ilmu-Nya.Itulah ILMU LADUNI.Jd sejatinya seluruh mahluk telah mendapat dan akan terus mendapat ilmu laduni dari Allah sesuai dgn tingkat usaha dan tingkat kebutuhan masing2.Contoh sederhana apabila seseorang menekuni pengobatan tradisional/alternatif maka besar kemungkinan ia akan memperoleh laduni menemukan obat penawar penyakit yg pada masa itu belum ada penawarnya.Celakanya banyak salah mengartikan bahwa ilmu laduni adalah sebuah ilmu yg sertamerta ada,atau merupakan ilmu kesaktian yg tiba2,atau lain sebagainya yg sifatnya luar biasa atau aneh aneh.

  44. saya mau di bimbing ilmu agama tolong bwat siapa aja yg ikhlas 087725405865

  45. inti dari ilmu laduni apa sich..?

  46. manusia wajib belajar dari bayi sampai akhir hayat, masalah bisa atau tidak kita memperoleh ilmu itu urusan Allah, yakinlah bahwa apa yang allah berikan pada kita itulah yang terbaik buat kita, intinya kita tetep berusaha biarlah Allah yang menentukan

  47. ilmu laduni tuh ndak perlu diplajari dia kan datang sendiri pabila tingkah laku kita telah sesuai dengan syarat/cara diatas,tapi sekarang diatas apakah ada orang yang seperti diatas…..???????

  48. subhanllah…..bagus benar pencerahannya

  49. hati hati dng ucapan mu pak kyai karna ucapan mu yg akn mencelakakan mu sendiri jng berbicara tentang ilmu ini jika engkau bukan seorang wali hati hati balasan yg kyai dapat kanjng sembarangan memberikan ilmu pada seseorang di saat seseorang iti belum mencapai tingkatan nya

  50. man jada wa jada,,,

  51. bisa ajarin ga cara belajarnya ilmu laduni

  52. manusia tinggal ngejalanin ajah..biar gusti alloh yg menghendaki.kunfayakun…

  53. pernahkah terbesit/terlintas dikepala anda “sesuatu hal” yg sebelumnya tidak direncanakan/dipikirkan?
    terlintas begitu saja…
    sebenarnya banyak (banyak sekali) hadiah2 yg diberikan Allah SWT kepada hambanya. tapi kitalah yg tidak mengenal syukur yg selalu mengeluh.

    Insyaallah pesan dalam tulisan saya tersampaikan.

  54. Sapa bilang gampang ,buat apa di uji di dunia klo cm tuk gampangan, tuh sorga bisa penuh coy & neraka bakalan kosong kali .buat yg niatan cari 2 ilmu laduni gak bakalan nemu ,tp buat yg nyari ALLAH & mau kenal diri sendiri, insyaallah akan dibukakan jalan. Ya gak coy

  55. dapat ilmu tanpa belajar?? gmn caranya??

  56. dekatkan diri dengan Allah dan tidak mencintai dunia

  57. Apa org yg latar belkgx kotor bs mempelajari dàn mendptkni lmu laduni?

    • jgn ikutin nafsu. bila beribadah krn ingin ilmu laduni maka hati akan kesepian.

      perbanyaklah mohon ampun ke ALLOH dan syukurilah segala nikmat dari ALLOH. itu lebih bagus dari pada kita tertipu oleh hawa nafsu…

  58. laduni itu turun langsung dari Allah . Dan sudah ditakdirkan . Peluangnya sedikit utk jadi laduni apabila kita tdk di takdirkan

  59. hanya hamba Allah yg benar2 bertaqwa n senantiasa ikhlas beribadah kepanya lah yg berhak mendpatkan ilmu laduni …..
    dan hanya hati yg bersangkutan lah yg mampu merasakannya,,,tak mampu diungkapkan kpd siapapun,,,wallahualambissawaf….

  60. Sungguh menajubkan…

  61. alhamdulillah smg qita menjadi hambany yg ikhlas amiin

  62. memang ilmu laduni,,,, membuat semua orang ingin memili kinxa ,,,
    tpi aku pesan kpada semuanxa “””””kalu suatu saat kalian memiliki ilmu laduni jangnlah sekali.2 mengKAFIRkan semua yg telah kalian pelajari,,,”””””””

  63. Setiap kahendak perlu ada usaha…usaha pula perlu dijalan yang dimaklumkan iaitu TAKUT PADA ALLAH,MENGAMALKAN ILMU YANG DIKETAHUI,TIDAK MENCINTAI DUNIA,BERDAKWAH dan BERDOA….hanya ALLAH S.W.T menentukan SUBHANALLAH :-)

    • ass.wr.wb,sy hanya bs terseyum subhanallah ini merupakan aneka ragam mahluk Allah yg diberikan kelebihan masing2 teruslah perdalam islam secara kaffah moga niat yg baik berbuah ganjaran dr Allah dan senantiasa mendapat hidayah-Nya,amien.ya mujabasailliiin.

  64. Asalamu ‘alamualaikum wr.wb
    Sebenarnya ilmu ladeni itu bener2 dari Allah apa ilmu gaib yg dibuat2 setan maaf sebelumnya karena di sini saya orang awam…saya baru tau ilmu ini,terus kalau ada orang Yg mau mengamalkan ilmu itu terus gx kuat apa bisa gila apa gimana yasa saya bingung,

  65. betul,kita hrs yakin ilmu laduni emang ada…..tp dg syarat hrs mengabdi kpd Alloh swt.

  66. KENAPA PUSING-PUSING MIKIRIN, COBALAH UNTUK BERUSAHA DENGAN KEIKHLASAN HATI, MEMOHON KEPADA ALLOH.

  67. ass…….TERIMAKASIH YA bisa kah anda ajarin saya ilmu laduni

  68. hahaa … kalian malah sibuk mencari ilmu laduni … Org yg telah diberikan ilmu laduni itu dr awalny tidak ad keinginan utk mendapatkan ilmu tersebut. yg mereka inginkan adalah Alloh. Jika kalian awali dgn niat dan nafsu untuk mendapatkannya. Alloh Maha Mengetahui … lbh baik kalian perbaiki diri … blajar hilangkan nafsu dan ikhlas beribadah hanya untuk Alloh. Belajarlah untuk mencintai Alloh. Nikmatilah cintamu itu kpd Alloh. Awali dgn Cinta kpd Alloh.

  69. ad d dunia ini org yg jelas2 memililki ilmu laduni

  70. Asslmkm wr.wb, saudaraku sebangsa-setanah air… puja dan puji,itu yg pertama dan utama kita panjatkan kehadirat ilahi… Pertama sy search di google, karena penasaran ktika ad seseorg yg blg, mas blajar ilmu laduni yaa. Subhanallah,… Sy tersentak, ga ad niat sy pelajari ilm tsb, sy hamba hina,fakir, tiada memiliki apapun di dunia fana ini… Saudaraku… Yg utama kt mesti sadari, kt hidup didunia untuk memberi makna, menempati posisi tertentu…yakinlah…allah swt slalu memberi yg terbaik untuk kita… Pertajamlah rasa wara… Apapun yg tiada bersumber dr quran dan hadist mesti ditolak… Manusia tiada luput dr kesalahan… Yg utama senantiasa istigfhar,sholawat dan dzikrullah sepanjang hayat…kelak di usia 40.an ketika manusia mencapai tahap kematangan emosi dan akal yg sempurna, bersiaplah allah swt menunjukan tanda2 kebesaranNYA… Hal sederhana yg sering dilupakan, kt tdk merasa diawasi 24hours oleh dzat pencipta segala alam… Allah swt tiada memandang rupa atau fisik kalian melainkan (kebeningan)hati dan amal shaleh. Puncak kelalaian setiap manusia adl tiada dzikrullah(mengingat allah swt)..syeikh qadir jailani.. Hanya dgn mengingat allah swt hati menjadi tenang. Ar rad 128. Hati2 saudaraku… Allah maha mengetahui siapa org yg benar2 mencari petunjuk atau hnya ditunggangi nafsu tuk mencari kedudukan.kejayaan atau ingin dipandang sbg org berilmu. Kebenaran harus disampaikan bahkan jk harus kehilangan jiwa. Saudaraku yg dicintai…lihatlah dgn mata batin… Jutaan org mengungsi di suriah.70ribu telah meninggal..tp kt mengaku muslim malah tertipu daya oleh nafsu dunia… Lihatlah anak2 yg terlahir dgn yatim piatu, mereka sngat bth kasih sayang kita,lihat saudara kt yg terbelit kemiskinan…lihatlah diri kita sendiri, sudahkah kt sedekah hari ini atau perhatikan orang tua kita yg sudah mulai uzur… Mereka tdk terlalu bth materi, mereka bth senyuman dan sapaan kita, mereka bth pijatan ksh sayang kita….mhn jgn sekali2 sia2kan orang tua kita…jk kau telah sukses kelak, apa yg mau engkau beri jk mereka sdh menghadap terlebih dahulu… Satu hal yg paling urgent mengenai cinta dunia, carilah nafkah yg sdkt tp berkah, berusaha agar setiap keluarga kt memiliki usaha kecil2an, berjuanglah agar kt bsa memberi manfaat sebesar2nya pd org lain, jgn jd beban,jgn pula menzhalimi atau menggunakan akal tuk mengakali org lain… Akhirulkallam.. Semoga kt terhindar dr penyakit sombong,hasad.riya dan ujub…. Saya haqul yakin, setiap kata,pasti ad pertanggungjawabannya. Kebenaran dtgnya dr allah swt,keburukan biarlah sy yg terima. Semoga bermanfaat. Saalam.

  71. ilmu laduni mmg akn ddpat bgi siapa sja yg allah kehendaki. Smga allah mmbrikan ilmu yg mmbawa kpada derajat ilmu laduni

  72. Insya Allah klo belum ada pitukon yo belum bs mempelajari ilmu laduni secara keseluruhan..

  73. Assalamualaikum sahabat. Salam mukadimah.

  74. asalamualaikum sodara2ku
    ikhlaskan hati
    kunci dari semuanya

    • Ilmu laduni adalah ilmu jujur, terutama jujur sama allah swt. Yg di cari pertama itu akhirat dan yg kedua itu dunia. Maka orang yg mempelajari ilmu laduni di dunia akan banyak cobaan.di situlah letak keimanan kita diuji. Takut sm allah swt atau iblis.i

  75. amin ya alloh saat ini hmba lga bsa br zikr lg kembli d jln mu lg.. amin amin amin

  76. Ilmu ALLAH… siapa yg di kehendaki itulah yg di pilih oleh ALLAH

  77. Salamun alaikum yang pingin ilmu laduni seperti contoh praktek di atas gampang caranya ikut jama’ah tabligh dakwah di tiap daerh di Indonesia dan selurh dunia ada markasnya silakan datangi markasnya dan pada Amir ketuanya mau keluar tiga hari dakwah silakan di coba wassalamun alaikum

  78. asalam mualaiku saya manusia yang bodoh yang tidak tau baca al kur’an saya pingin belajar tapi saya malu saya tidak di se ngaja ngebuka pel ini mohon bantuan nya dengan iklas pa yang seharus nya aku lakukan skrang mohon bantuan nya wasalam
    rendi 087822967366

  79. udah sekarang kamu berubah ,,saya d0`a kan supaya di terima di sisi awloh

    AMINN

  80. assalamu’alaikum semoga alloh selalu memberkahi hidup kita,, aamiin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: